Otak - Atik Printer Canon IP2770

Kali ini, mau bahas tentang printer sejuta umat hehee yaitu Canon IP2770 tapi yang infus. Memang, pake printer dengan infus itu butuh perlakuan khusus. Dan printer harus sering dipake. Nah, beberapa waktu yang lalu printer yang kubeli ini sempet mengalami trouble. Lampu resume berkedip terus. Nah setelah searching sana sini cara mengatasinya sama suruh tekan tombol resume sampai lampu kemabali normal. Tapi itu berlaku untuk yang 3x kedip,4x kedip,7x kedip dst. Masalahnya printerku itu kedip terus-terusan. Dan setelah mengikuti tutorial-tutorial yang ada ternyata gak berhasil. Akhirnya aku bawa kembali ke tokonya karena masih dalam waktu garansi. Dan ternyata, masalahnya sepele banget.Apa coba? Itu karena selang infusnya nyangkut, cuma tinggal tarik aja tu selang infus yang nyangkut dan print kembali seperti semula. Hahaa.. udah jauh-jauh bawa ke toko ternyata masalahnya sepele :D. Tapi memang ilmu itu perlu pengorbanan (* g nyambung.. lanjut) . Nah kemarin printer aku balik kedip-kedip lagi berkali-kali.. Tapi kali ini udah g panik lagi, tinggal buka tutup printer dan beneran ternyata ada selang yang nyangkut, ya udah tinggal tarik aja tuh selang yang nyangkut. Beres Deh.. :D

Nah selanjutnya, masalah g berhenti sampai di situ aja. Kemarin pas mau ngeprint warna merah tiba-tiba warna merahnya gak keluar (alias abis) dan warna kuning udah seret banget padahal di tabung masih penuh. Setelah dilihat ternyata terdapat celah udara yang cukup banyak di selang warna merah dan kuning. Nah, mau bawa balik ke tokonya lagi males. Jangan-jangan masalahnya sepele. Akhirnya coba searching lagi, dan banyak hasil yang menganjurkan untuk di Deep Cleaning untuk menarik tinta biar mau naik lagi. Oke, akhirnya aku Deep Cleaning. Ini langkah-langkahnya :
1. Control Panel -> Devices and Printers
2. Pilih printer kamu lalu klik kanan
3. Pilih printing preferences lalu pilih maintenance
4. Lalu pilih deep cleaning dan tunggu sampai selesai
Nah, kalau celah udaranya gak begitu banyak, biasanya dengan cara ini printer sudah kembali normal. Seperti tinta warna kuningku yang tadinya macet, setelah di Deep Cleaning beberapa kali, akhirnya sudah kembali normal. Namun yang merah celah udaranya tetep aja ada dan banyak. Akhirnya searching lagi. Dan banyak banget tutorialnya di internet. Akhirnya coba otak-atik deh printernya. 
Bahannya cuma butuh suntikan tinta dan tisu aja. Nah langkah-langkahnya :
1. Buka penutup tabung tempat tinta .
2. Buka juga penutup cartridge, tapi ga perlu dicopot selang yang menyambung ke cartridge
3. Tempatkan suntikan pada tutup tabung yang tintanya terdapat celah udara, jangan lupa jarumnya dilepas dulu
4. Tekan suntikan perlahan-lahan dan lihat pergerakan tinta yang macet.
5. Tekan terus suntikan sampai celah udara tadi hilang.
6. Kalau sampai tintanya luber gak masalah, lap aja pake tisu ^^v
7. Setelah celah udara pada tinta ilang, printer siap dicoba . Dan kalau masih belum berhasil, coba lakukan Deep Cleaning lagi.
Ternyata mudah kan.. Untung belum sempet dibawa ke servicenya :D. Tapi jangan lupa, kalau udah diperbaiki sering-sering dipakai buat ngeprint.Minimal seminggu 3 kali lah. Biar tintanya gak masuk angin  lagi :D. Semoga bermanfaat. CMIIW :D
Sumber : dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Big World All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes